RAPAT PLENO DIPERLUAS PENGURUS PUSAT PDUI

RAPAT PLENO DIPERLUAS PENGURUS PUSAT PDUI

Hari/Tanggal : Rabu, 8 April 2020

Pukul : 19.30 – 24.00 WIB

Agenda :

  1.        Rencana pelatihan untuk relawan dokter umum via online
  2.        Pembuatan database untuk uji coba Modul Dasar Penguatan Kompetensi Dokter di Tingkat Pelayanan Primer
  3.        Hal-hal lain yang dianggap perlu

Peserta : PP PDUI, Ketua Cabang Selindo, Komisariat PDUI se-DKI Jaya

Kesimpulan :

  1.        PP PDUI akan melakukan konsultasi kepada kuasa hukum dalam rangka melakukan class action menanggapi lambatnya dan/atau abainya Pemerintah menangani wabah Virus Corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia sehingga menyebabkan banyaknya timbul korban di kalangan dokter/tenaga kesehatan dan masyarakat.
  2.        PDUI akan bersurat kepada Presiden RI dan ditembuskan ke komisi IX DPR RI untuk mendorong adanya penegakan hukum (law enforcement) dalam penanganan Covid-19. PDUI juga akan meminta Presiden RI mengeluarkan kebijakan penggunaan Genexpert atau Tes Cepat Molekuler (TCM) untuk tes Covid-19 di daerah. Selain itu, dibutuhkan juga kebijakan untuk mendorong stabilisasi harga masker dengan menetapkan harga eceran tertinggi di pasaran dan penegakan hukum kebijakan ini.
  3.        PDUI akan memperjuangkan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) di klinik ataupun Dokter Praktek Mandiri (DPM), dimana selama ini pengadaan APD oleh pemerintah diprioritaskan ke rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan milik Pemerintah lainnya.
  4.        PDUI akan mengeluarkan imbauan terkait prosedur tetap dokter umum dalam menangani Covid-19 di tempat praktik, termasuk tentang pembatasan waktu praktik.
  5.        PDUI akan menyusun standarisasi bagi relawan dokter umum, termasuk tentang kompetensi, APD, jasa medis, asuransi, dan hal lainnya yang dianggap perlu.
  6.        PDUI akan melakukan pembekalan/pelatihan via online kepada dokter umum yang akan menjadi relawan penanganan Covid-19.
  7.        PDUI Cabang yang belum memiliki komisariat diinstruksikan untuk segera membentuk komisariat dan melengkapi database keanggotaan.

Notulen Rapat : Dr. Ardiansyah Bahar, MKM