Jelang Setahun Covid-19 di Indonesia, Kadis Kesehatan Sumut: Sekali Berulang Tahun Saja 800-an Orang

Keberadaan Covid-19 di Indonesia sudah hampir satu tahun. Sebab, pada 2 Maret 2020, pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia.

“Covid-19 mau berulangtahun pada 2 Maret mendatang. Dalam setahun ini kondisi kita sangat khawatir, khawatir kita akan terpapar, di Dinas Kesehatan saja setengah dari pegawai kita terpapar, ada yang akhirnya kita ikhlaskan untuk diantarkan ke pemakaman Covid-19 di Simalingkar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr. Alwi Mujahit Hasibuan, saat Pelantikan Pengurus PDUI (Perhimpunan Dokter Umum Indonesia) Sumut di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumut, Minggu (28/2/2021).

 Dia berharap, cukuplah Covid-19 berulangtahun sekali saja di Indonesia. Selama satu tahun saja, Covid-19 merenggut 832 orang di Sumut hingga Sabtu (27/2/2021). “Tadi pagi dapat kabar ada 3 lagi yang meninggal. Kita harapkan PDUI mengambil peran dalam pengendalian Covid-19 di Sumut,” ungkapnya.
 
Dia juga berharap tidak ada lagi dokter umum yang menolak divaksin. “Vaksinasi ini bagian perjuangan kita. Jangan ada satu orang Nakes pun yang menolak, kalau kita menolak cemana dengan masyarakat kita. Kita harus bahu membahu menyelesaikan Covid-19, dengan mensukseskan vaksinasi sehingga hidup kembali normal,” tambahnya.

Dia juga berharap dalam kurun waktu 2020-2023, pengurus PDUI Sumut yang baru dilantik diwarnai prestasi dan kegiatan yang membanggakan sehingga menjadi support positif bagi Pemprovsu.

“Lebih arif dan bijaksana dalam beraktivitas, seperti yang disampaikan Ketua Umum PDUI dan IDI Sumut, PDUI ini bukan kaleng-kaleng. Oleh karena itu, setiap langkah dan sikap harus dipikirkan dampaknya. Dokter Rudi ini ketua PDUI Sumut yang anggotanya lebih dari 10 ribu,” pesannya.

Dia juga berharap pengurus bisa mengingat perjuangan kawan-kawan sebelumnya sehingga bisa berjaya dan bermanfaat bagi dokter umum di Indonesia khususnya Sumut. Adapun Ketua PDUI Sumut 2020-2023 dr. Rudi R Sambas. (SC03)

 

Sumber : https://sumutcyber.com/jelang-setahun-covid-19-di-indonesia-kadis-kesehatan-sumut-sekali-berulang-tahun-saja-800-an-orang-meninggal/